Tips memilih dan merawat sepatu bayi dan anak

Website pindah, kunjungi:

Memilih sepatu untuk bayi dan anak pastikan ayah & bunda agar lebih memfokuskan berdasarkan kenyamanan, fungsi dan barulah fashion atau gaya bersepatu.

Saya dari harga-grosir.com mengklasifikasikan 2 fungsi sepatu untuk bayi & anak, yaitu sepatu untuk belajar jalan (pre-walker) umumnya sepatu untuk bayi berusia 1 hingga 12 bulan) dan sepatu untuk anak/bayi yg sudah bisa berjalan(walker) untuk anak berusia 1 hingga 3 tahun), disini saya akan mengulas satu persatu secara rinci.


Tips untuk memilih sepatu bayi dan anak berdasarkan kenyamanan

Kenyamanan adalah salah satu hal terpenting (atau bisa dikatakan terpenting) karena memakai sepatu juga mempunyai peran penting dalam dampaknya terhadap tumbuh kembang bayi/anak terutama pada bagian kaki, dan hal yg mempengaruhi kenyaman adalah:
  • Ukuran sepatu untuk bayi & anak pastikan lebih besar 1 cm hingga 1,6 cm diperuntukan memberikan ruang gerak kepada jari kaki agar tidak menekuk sehingga dapat menghambat tumbuh kembang kaki atau malah akan melukai kaki bayi.

    Untuk anak baru belajar jalan atau sudah mulai berjalan sebaiknya hindari juga ukuran sepatu yg terlalu besar dari kakinya karena akan membuat bayi/anak mudah terjatuh atau lecet karena gesekan sepatu yg longgar.

    Tips memilih ukuran sepatu yg beberapa kali saya temui kasusnya dalam stok kami di harga-grosir.com adalah ukuran sepatu berbeda untuk tiap merk, contoh ukuran 21 sepatu merk Next, mungkin berbeda dengan sepatu merk Skidders ukuran 21.

    Jadi pada saat ingin membelikan sepatu pastikan ayah & bunda tidak terpaku pada ukuran, saran saya lebih baik ukur kedua telapak kaki anak ayah & bunda, ini akan memastikan ukuran tepat dan pas untuk kenyamanan si buah hati.
  • Berat sepatu untuk bayi dibawah 1 tahun sebaiknya dibawah 1 ons untuk sepasang seaptu dan sekitar 2 ons untuk bayi berusia diatas 1 tahun sepatu ringan dan sesuai kemampuan gerak bayi sangat membantu dalam tahap berjalan ataupun belajar berjalan.

    Maka dari itu banyak produsen sepatu pre-walker/belajar berjalan mengkhususkan produk sepatu buatan mereka menggunakan sol kain yg dilapisi antislip, dan bukan terbuat dari bahan berat, sehingga gerakan kaki bayi tidak dibatasi beratnya sepatu itu sendiri.
  • Jenis sol/telapak sepatu bagian dalam untuk bayi belajar jalan disarankan terbuat dari bahan lunak dan lembut, selain membuat kaki bayi merasa nyaman juga memberikan kesan bahwa jalan adalah hal menyenangkan dan membuat bayi lebih lama untuk berusaha belajar berjalan dengan sepatunya, tidak perlu mencari sol dalam yang menggunakan arc support karena umumnya lengkungan pada telapak kaki bayi terbentuk saat anak berusia 2-3 tahun keatas pada saat bayi dibawah usia tersebut telapak kaki bayi masih rata, oleh sebab itu kebanyakan(bisa dibilang hampir semua) produsen sepatu tidak membuat arc support untuk sepatu bayi belajar berjalan/pre-walker.

    Sedangkan untuk bayi belum mulai belajar berjalan sol tidak terlalu jadi fokus utama cukup dengan sol kain pada sepatu nya sehingga tidak memberatkan kaki bayi saat melakukan gerakan yg dia suka seperti menendang atau mengangkat kakinya tinggi-tinggi.
  • Jenis sol/telapak sepatu bagian luar untuk bayi yang belajar berjalan adalah yg terpenting, jika sol luar berupa bahan kain pastikan menggunakan anti-slip, kebanyakan anti-slip berbahan seperti karet yang menempel pada bagian bawah sepatu untuk membantu bayi berjalan agar meminimalisir terjadinya slip/tergelincir pada area lantai yg licin.

    Contoh alas sepatu bayi anti slip pre-walker
    Contoh alas sepatu bayi dengan anti-slip
    (klik untuk memperbesar gambar)

    Karena terbuat dari bahan sintetis sejenis karet maka anti-slip ini (cerita dari sebagian besar pengalaman konsumen harga-grosir.com) karena sifatnya yang mudah merekat pada lantai juga menimbulkan banyak debu/rambut menempel pada karet anti-slipnya, cara membersihkan jangan menggunakan sikat yang kasar karena akan mengelupaskan karet anti-slipnya, gunakan sikat lembut seperti sikat gigi yang sudah tidak terpakai biasanya sudah hilang ke-kakuan bulu sikatnya sehingga lebih lembut, dan gunakan air hangat saat menyikat setelah disikat dengan sabut, hal ini diyakini bisa mengembalikan kelenturan karet anti-slip nya.

Tips memilih sepatu berdasarkan fungsi

Seperti yg sudah saya singgung diatas, sepatu bayi pre-walker seharusnya menggunakan bahan karet seperti sepatu anak Skidders atau seperti Burberry, Next, Mothercare yang menggunakan karet anti-slip pada bagian bawahnya.

Pada sepatu pre-walker atau sepatu anak lainnya beberapa hal yang cukup penting untuk ayah & bunda perhatikan adalah kelenturan sol, aliran udara pada sepatu, dan tidak berat.

Untuk kelenturan pada sepatu pre-walker yang sol nya menggunakan bahan kain tidak menjadi masalah, yang perlu diperhatikan adalah sepatu dengan sol yang keras (biasanya sepatu pre-walker untuk berjalan diluar rumah), pastikan sol yang kerasnya juga cukup lentur, seperti gambar dibawah

Kelenturan sepatu bayi pre-walker Skidders
Contoh kelenturan sepatu bayi pre-walker Skidders
(klik foto untuk memperbesar gambar)

Itu adalah sol sepatu Skidders yang menggunakan bahan karet, merupakan salah satu sepatu pre-walker favorit saya karena sangat memenuhi kriteria untuk sepatu pre-walker, seperti kelenturan sol, aliran udara karena sambungan dari solnya adalah bahan seperti kaos kaki yang mempunyai rongga udara untuk sirkulasi udara pada kaki bayi, dan berat sepatu yang ideal (tidak lebih dari 2 ons berat sepasang sepatunya), dan dengan tambahan karet bergerigi pada alas sol untuk menambah daya cengkram,

Alas sepatu Skidders prewalker karet dengan gerigi
Foto alas sepatu Skidders dengan karet bergerigi
(klik foto untuk memperbesar gambar)

Jika ayah & bunda tertarik untuk ke halaman sepatu pre-walker Skidders bisa klik disini.

Tips memilih sepatu berdasarkan model

Jika sepatu pilihan ayah & bunda sudah bisa memenuhi kenyamanan dan fungsi sepatu bagi sang bayi, kriteria ini tentu sangat patut juga diperhatikan, apalagi saat bertandang ke rumah sanak family :) tidak banyak yang bisa saya sarankan untuk yang satu ini karena model dan gaya adalah selera masing-masing, model dan gaya sepatu yang dijual di harga-grosir.com bisa ayah & bunda cek di halaman sepatu bayi (klik disini).


Jika ada tips atau pengalaman pribadi tambahan yang ingin anda sampaikan bisa gunakan kolom komentar dibawah. Untuk share tips ini di Facebook, Twitter atau lainnya anda bisa klik tombol sosial media pilihan anda dibawah.

tips yang kami berikan diatas merupakan hasil analisa kami pada produk dan juga hasil masukan dan curhat berharga dari pelanggan setia kami di harga-grosir.com :)
(menulis komentar tidak perlu sign-in atau mendaftar)

Terima kasih dan semoga bermanfaat

Komentar

  1. Sis...sepatu skidder'a motif co g ada yu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motif sepatu Skidders terbaru atau sepatu bayi lainnya bisa dicek di halaman sepatu bayi atau di Facebook Densiko Grosir.

      Terima kasih.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Celana dalam wanita hamil (ACH1)

Celana Dalam Anak Perempuan Harga Grosir

Grosir Selimut bayi merk Carter's murah