Tips : Heimlich manuver untuk pertolongan pertama pada bayi yang tersedak

Website pindah, kunjungi:

Heimlich manuver untuk pertolongan pada bayi berumur dibawah 1 tahun yang tersedak, mungkin jarang sekali bidan bayi kita yang memberikan pelajaran pertolongan pertama tentang cara mengatasi bayi yang tersedak makanan, atau benda kecil lain yang dimasukan kedalam mulut bayi, karena sifat ingin tahu atau pun bayi yang sedang belajar mengunyah benda.


Sangat disayangkan karena jarangnya bidan/dokter yang mengajarkan pada ayah atau bunda (karena saya juga tidak mendapat pelajaran ini dari dokter/bidan bayi), padahal ini adalah hal penting pertolongan pertama yang menyangkut keselamatan bayi dari hal yang seharusnya bisa untuk dilakukan sendiri, dan disini saya akan berbagi tentang cara Heimlich manuver pada bayi yang tersedak beserta video dari Youtube, yang caranya berbeda untuk orang dewasa tentunya.

Tips Heimlich manuver untuk pertolongan pertama pada bayi yang tersedak

Jika bayi ayah bunda tersedak tentunya hal pertama adalah jangan panik, karena panik malah akan menambah masalah, sebelum melakukan manuver Heimlich ayah dan bunda bisa melihat gejala-gejala bayi yang tersedak benda/makanan, berikut adalah indikasinya:

  • Kesulitan bernafas dan saat bernafas berbunyi keras serta terdengar berat
  • Kesulitan untuk batuk secara keras
  • Bayi tidak dapat mengeluarkan suara/berkata atau tidak bisa menangis dengan benar
  • Bibir dan ujung jari berubah kebiruan/ungu
  • dan pingsan setelah beberapa tahap diatas

Ada 2 penanganan berbeda bagi bayi yang belum pingsan dan bagi bayi yang sudah pingsan. Dan jika terjadi hal seperti ini, segera telpon ambulance atau langsung bawa kerumah sakit, dan untuk pertolongan pertama bagi bayi tersedak yang belum pingsan, bisa dilakukan dengan melakukan manuver Heimlich sebagai berikut:

Manuver Heimlich untuk bayi dibawah 1 tahun dan yang belum pingsan (Back Blow dan Chest Thrust)

  • Dengan menggunakan sebelah tangan, letakan jari jempol di pipi dan jari yang lain di pipi sisi sebelahnya, posisikan jari diatara rahang atas dan bawah sehingga mulut bayi bisa terbuka dengan lebar.
  • Tidurkan bayi pada lengan bagian atas secara tengkurap (muka bayi menghadap bawah), sehingga tangan ayah bunda berada diantara kakinya. Hal ini bisa dilakukan diatas tempat tidur agar ayah bunda juga tidak takut bayi terlepas dari pegangan.
  • Rendahkan posisi kepala sehingga posisi pinggulnya lebih tinggi dari kepala.
  • menggunakan sebalah tangan tangan ayah bunda yang lainnya bisa memberikan tepukan pada punggung bayi secara keras tapi lembut sebanyak 5 kali.
  • setelah 5 kali tepukan pada punggung, lalu balikan/pindahkan badan bayi ke tangan ayah bunda satunya sehingga posisi bayi telentang.
  • lalu menggunakan 2-3 jari tekan pada bagian dada (antara tulang dada), tekan dengan kedalaman tekanan 1-2cm secara disentak tapi lembut sebanyak 5 kali.
Terus ulang manuver Heimlich ini sampai benda/makanan keluar dari mulut bayi. Untuk lebih memperjelas peragaan berupa salah satu video di Youtube (berbahasa Inggris) seperti dibawah ini.

Manuver Heimlich untuk bayi dibawah 1 tahun dan yang sudah pingsan (30 tekanan dada + 2 nafas bantuan)

Untuk bayi yang sudah pingsan masih bisa dilakukan dengan manuver Heimlich back blow dan chest thrust + nafas buatan, namun pada saat ini banyak organisasi kesehatan di Amerika menyarankan metode 30 tekanan plus 2 nafas bantuan seperti berikut ini.
  • Setelah melakukan manuver Heimlich Back blow dan Chest thrust diatas, jika bayi mengalami fase pingsan tapi makanan/benda yang membuat bayi tersedak belum keluar, letakan bayi pada permukaan yang keras (meja atau lantai)
  • Letakan jari tengah dan telunjuk di dada bayi (ditengah diantara puting) lalu hentakan jari sedalam 1-2cm dengan ritme sekitar 100/menit (kira-kira 3 hentakan jari per 2 detik) sebanyak 30 kali. Atau CPR dengan metode menggenggam badan bayi dan menekan dengan jempol (seperti terlihat pada video di bawah)
  • Lalu posisikan muka bayi dengan rata dan buka mulutnya sehingga tidak menghalangi aliran oksigen saat melakukan proses ini (seperti terlihat pada video di bawah) lihat apakah ada makanan/benda yang membuatnya tersedak.
  • Jika ada benda yang membuatnya tersedak, gunakan jari untuk mengait benda tersebut dan keluarkan, lalu beri nafas buatan
  • Jika tidak ada makanan/benda yang membuat bayi tersedak berikan 2 kali nafas buatan (seperti terlihat pada video dibawah).
  • Ulangi lagi dengan tekanan pada dada hingga ayah dan bunda bisa melihat benda tersebut


Untuk ayah bunda ketahui ini adalah pertolongan pertama yang penting dilakukan selama dalam perjalanan ke rumah sakit atau menunggu ambulance, karena tanpa pertolongan pertama dan langsung dibawa kerumah sakit/puskesmas akan beresiko cukup berbahaya karena tersedak akan menghambat oksigen yang mengalir ke otak yang bisa berakibat fatal pada bayi, konsultasikan selalu dengan bidan/dokter bayi ayah bunda metode Heimlich ini dan semoga tips ini bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Celana dalam wanita hamil (ACH1)

Celana Dalam Anak Perempuan Harga Grosir

Grosir Selimut bayi merk Carter's murah