Kode plastik arti simbol dan angka yang aman untuk tempat makanan minuman bayi dan anak

Website pindah, kunjungi:


Kode plastik arti simbol dan angka yang aman untuk tempat makanan minuman bayi dan anak maupun orang dewasa. Dari banyak kemasan makanan dan minuman yang sekarang ini mulai dari yang dijual di toko kecil pasar tradisional maupun supermarket besar, sebagian besar dari makanan dan minuman tersebut dikemas dalam kemasan yang terbuat dari bahan plastik.

Terkadang sebagian masyarakat suka menggunakan kemasan bekas makanan atau minuman tersebut untuk diisi ulang atau digunakan kembali untuk kegunaan yang lainnya. Pemakaian botol minuman atau kemasan plastik makanan secara berulang-ulang tanpa mengetahui dengan pasti jenis plastik tersebut ternyata bisa membahayakan dan merugikan kesehatan penggunanya, karena tidak semua plastik kemasan bisa aman untuk digunakan secara berulang-ulang. Anda harus tahu apakah botol atau kemasan plastik tersebut bisa aman digunakan berulang kali dari kode plasti berupa angka recycle yang terdapat di dalam lambang segitiga sebagai berikut:


  • Kode plastik PET (01)


    Kode plastik PET (polyethylene terephthalate) yang disimbolkan dengan angka 01 umumnya terdapat di kemasan makanan atau botol bening yang tembus pandang. Kemasan plastik atau botol dengan bahan PET ditujukan hanya untuk penggunaan sekali pakai. Jika digunakan sebagai tempat isi ulang untuk menyimpan air atau makanan hangat dan panas maka menyebabkan lapisan polimer pada botol atau kemasan plastik tersebut terkikis dan mengeluarkan zat karsinogenik (salah satu penyebab dari kanker klik disini untuk penjelasan di Wikipedia) dan ini akan terjadi jika penggunaan sering dan dalam jangka panjang.
  • Kode plastik PE-HD (02)


    kode plastik PE-HD (high density polyethylene) atau yang disimbolkan dengan angka 2 pada umumnya terdapat pada kemasan makanan atau botol plastik yang berwarna putih susu, kode plastik PE-HD (02) ini adalah salah satu bahan plastik yang cukup aman untuk digunakan pada makanan dan minuman karena punya kemampuan untuk membatasi reaksi kimia antara kemasan plastik PE-HD (02) ini dengan isi didalamnya, terutama makanan dan minuman. Kemasan plstik PE-HD (02) ini sebaiknya digunakan hanya untuk sekali pakai karena pelepasan senyawa Antimoni Trioksida terus meningkat setiap waktu (Klik disini untuk penjelasan di Wikipedia tentang Antimoni).
  • Kode plastik P atau PVC (03)


    Kode plastik P atau PVC (polyvinyl chloride) yang disimbolkan dengan angka 03, kode plastik ini lebih dari 50% PVC digunakan untuk kepentingan dibidang konstruksi sebagai material bangunan. Harga PVC relatif murah serta tahan lama dan tidak mudah rusak. Plastik jenis PVC ini dapat ditemukan pada sebagian plastik pembungkus (cling wrap) dan dibeberapa tutup botol minuman kemasan. Plastik jenis PVC (03) ini berbahaya bagi kesehatan sebab dalam PVC terkandung DEHA (atau sering disebut Dioxin) yang dapat bereaksi dengan makanan yang dikemas dengan plastik berbahan PVC, saat bersentuhan langsung dengan makanan tersebut dan berbahaya untuk ginjal, hati dan dan dapat menyebabkan kanker (Klik disini untuk artikel bahasa Inggris tentang dampak DEHA terhadap kesehatan dari Environmental Protection Agency(Badan pemerintahan di Amerika)).
  • Kode plastik PE-LD atau LDPE (04)


    Kode plastik PE-LD atau LDPE (low density polyethylene) yang disimbol dengan angka 04 biasa digunakan untuk kemasan tempat makanan dan botol yang lunak. Plastik jenis PE-LD (04) ini memiliki kandungan kimia yang kuat dan tidak bereaksi terhadap zat kimia lainnya, dan merupakan salah satu plastik yang paling tinggi mutunya. Kemasan plastik PE-LD (04) ini sangat sulit untuk terurai tetapi dapat didaur ulang. Bahan plastik PE-LD (04) cocok dan dapat digunakan sebagai kemasan makanan maupun minuman yang baik kualitasnya, karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan maupun minuman yang dikemas dengan bahan plastik PE-LD ini.
  • Kode plastik PP (05)


    Kode plastik PP (polipropilen) yang disimbolkan dengan angka 05, pada umumnya terlihat transparan tetapi buram dan tidak jernih. Keunggulan jenis plastik PP ini adalah kemamampuannya untuk menahan reaksi kimia meski dipanaskan dalam suhu tinggi (antara suhu 800 hingga 1000 derajat celcius), jenis plastik PP (05) ini juga memiliki daya tahan yang bagus terhadap lemak, lebih kuat serta ringan dengan daya tembus uap yang cukup rendah. Produk plastik PP (05) ini aman digunakan karena jenis plastik PP (05) merupakan bahan plastik terbaik terutama untuk tempat makanan dan minuman terutama sebagai botol susu bayi. Botol plastik jenis PP ini juga merupakan acuan kami untuk menjual produk yang berhubungan dengan tempat makan atau minum bayi seperti botol minum Disney original (klik disini untuk ke halaman botol minum bayi Disney)
  • Kode plastik PS (06)


    Kode plastik PS (polystyrene) yang disimbolkan dengan angka 06, plastik ini berbentuk styrofoam atau kemasan makanan sekali pakai seperti bungkus telur, mie instant dalam cup dan beberapa produk minuman berbentuk cup. Plastik PS (06) ini dengan mudah mencair pada suhu yang tinggi. Styrofoam dapat mengeluarkan sejenis bahan styrene ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan dengan kemasan. Sebaiknya hindari makanan yang menggunakan plastik jenis PS (06) karena selain jenis plastik PS ini sulit untuk didaur ulang, juga berbahaya untuk kesehatan otak, dapat menyebabkan masalah reproduksi, pertumbuhan dan sistem syaraf (klik disini untuk artikel dalam bahasa Inggris tentang dampak Styrene dari Enviromental Protection Agency - badan pemerintahan di Amerika).
  • Kode plastik O atau Other / Mixed Plastics (07)


    Kode plastik O (Other / Mixed plastics) disimbolkan dengan angka 07 yang terdiri dari 4 jenis bahan plastik seperti PC (polycarbonate), SAN (styrene acrylonitrile), ABS (acrylonitrile butadiene styrene) dan Nylon. PC tidak dianjurkan karena dapat merusak fungsi hormon dan penurunan kualitas sperma. SAN dan ABS bisa digunakan sebagai kemasan karena memiliki resistensi yang tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu tertentu. Intinya plastik jenis ini sangat buruk kualitasnya untuk dijadikan tempat makanan atau minuman.

Bijak dalam memilih produk yang dikemas dalam kemasan plastik atau plastik yang dijadikan tempat isi ulang makan atau minuman, terutama untuk anak-anak dan Anda sendiri tentunya.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Celana dalam wanita hamil (ACH1)

Celana Dalam Anak Perempuan Harga Grosir

Grosir Selimut bayi merk Carter's murah